29 Maret 2013

Tips Menabung ala Gue

Di tengah banyaknya tugas yang dateng di minggu pertama kuliah, gue sempetin untuk ngepost ini. Yah itung-itung refreshing sederhana lah ya daripada pusing mikirin tugas yang datengnya langsung keroyokan kayak mau tawuran begitu.

Kali ini gue mau bahas tentang me-na-bung. Yak, menabung. Nabung itu asik dan menguntungkan loh. Persis kayak lagu pas jaman kita (kita?) kecil. "Bang bing bung yuk, kita nabung. Bang bing bung hey, jangan dihitung. Tau-tau kita nanti dapat untung..."

Gue mau berbagi sedikit pengalaman nabung gue yang masih baru. Ya walaupun masih baru tapi ternyata hasilnya lumayan loh.

Yuk, disimak! :D

Bawa bekal kalo ke sekolah atau kampus.
Ini bakalan mengurangi biaya jajan kamu kira-kira 5 – 10%. Yang biasanya lo bisa ngehabisin 15ribu untuk sekali makan dalam sehari, dengan bawa bekal uang itu bisa kamu pake untuk keperluan yang lain. Asik kan? :D

Bawa uang jajan seperlunya.
Misalnya kamu dikasih uang jajan 20ribu sehari. Nah, jangan dibawa semua. Karena itu awal pemborosan. Cukup bawa 10 – 15ribu dan sisanya bisa disimpen deh.

Punya celengan.
Nah ini cukup penting nih. Uang jajan yang tadi kamu simpen atau gak kamu bawa ke sekolah (/kampus) bisa langsung dimasukin ke celengan ini. Oh iya, gak perlu beli celengan yang mahal dan bagus. Cukup yang murah aja tapi tetep memotivasi untuk nabung. ;)

Nabung dengan 1 nilai mata uang.
Awal menabung, kamu harus punya niat dulu, berapa yang mau ditabung dalam sehari dan sifatnya harus stabil sampe kamu punya niat untuk naikin nilai mata uangnya. Misalnya begini.. kamu punya niat dalam sehari itu harus nabung 5ribu. Nah silahkan ditabung uang 5ribu nya dan itu harus konsisten; gak boleh lebih atau kurang. Kecuali kalo kamu ada niat untuk naikin nilainya. Inget. Naikin boleh, turunin jangan ya.

Kurangi keinginan, bukan kebutuhan.
Keinginan kamu banyak? Ya dikurangin. Jangan anggep semua yang kamu mau itu adalah kebutuhan. Salah banget. Kalo kamu selalu berpikir kayak begitu, kamu gak akan pernah bisa nabung. Kurangin hal-hal yang sifatnya hanya memuaskan diri kamu, contohnya: main, nonton bioskop, karaoke, dll. Sekali-kali boleh kok tapi kalo terlalu sering, nanti dompetnya nangis. #halah

Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian.
Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian. Prinsip ini berguna banget buat yang lagi nabung. Kenapa? Karena kalo kita punya prinsip ini, kita jadi lebih bisa ngeliat ke depan. Mending nabung dan ngurangin keinginan dari sekarang daripada nanti malah nyesel pas tiba-tiba ada sesuatu yang dikepengenin banget dan ternyata butuh uang banyak. Ya nggak? Iya aja deh biar cepet.

Bikin buku kas.
Sebagai anak akuntansi yg baik (uhuk!) gue mengaplikasikan akuntansi ke dalam perputaran keuangan gue, yaitu dengan cara bikin buku kas. Sebenernya ini ide dari temen kuliah, terus gue ngikutin dan ternyata berhasil. Mungkin kamu boleh nyoba. Gak ada salahnya kok.
Caranya gampang. Beli 1 buku tulis atau ambil buku tulis yang masih ada dan masih kosong pastinya. Ingat ya buku, bukan hati. Okesip. Buat 2 tabel yang berisi 3 kolom. Tabel pertama untuk penerimaan dan kedua untuk pengeluaran. Kolomnya: tanggal, keterangan, dan jumlah. Setiap hari, rinci penerimaan dan pengeluaran kamu di halaman belakang buku. Kalo udah sebulan, jumlah rincian tadi dan masukkan ke tabel penerimaan dan pengeluaran. Dari situ bisa kelihatan, kalian surplus atau defisit. Seandainya surplus, silahkan masukkan ke bulan selanjutnya. Kalo defisit? Berarti kamu harus lebih pinter kurangin jajan dan banyakin nabung. :D

Bikin daftar keinginan.
Catat apa aja yang mau kamu beli dalam waktu dekat. Sederhananya dimulai dari yang kecil-kecil dulu. Jadi gak terlalu lama nabungnya. Intinya bikin daftar ini sih supaya jelas dan terarah, mau dikemanain uang tabungannya. Seandainya lagi gak ada yang kepengen dibeli ya bisa ditabung ke bank atau disalurkan ke gue. #eh

Do it now!
Udah baca semua? Nah sekarang waktunya buat ngelakuin tips-tips di atas. Nabung itu gak ada ruginya loh, udah terbukti dari dulu. Kalo udah nabung dan kelihatan hasilnya pasti jadi kepengen nabung terus. Percaya deh. Selamat mencoba! :D

Sekian dulu postingan kali ini. Barangkali ada yang mau nambahin, silahkan..

Semoga bermanfaat ya. :)

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Keren gan! makasih banget tips-nya :D

Unknown mengatakan...

Gan kalau keinginannya beli barang untuk kebutuhan hobi gimana tu?